Lakip

Laporan Kinerja Universitas Negeri Padang Tahun 2018

IKHTISAR EKSEKUTIF

Laporan Kinerja ini disusun sebagai wujud dan tekad Universitas Negeri Padang (UNP) dalam melaksanakan kewajiban sebagaimana yang diamanahkan dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah, Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI No 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu Atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah, serta Permenristekdikti No 51 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

UNP berkomitmen untuk terus meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, salah satunya yaitu dengan meningkatkan akuntabilitas kinerjanya, sekaligus sebagai wujud pertanggungjawaban kepada pihak pemberi mandat. UNP senantiasa mengkomunikasikan realisasi target kinerja yang telah ditetapkan dalam target kinerja yang dirangkum dalam perjanjian kinerja Rektor dengan Kemenristekdikti. Laporan ini menggambarkan proses pencapaian dan tingkat ketercapaian target kinerja, yang disertai dengan analisis untuk setiap indikator target kinerja. Hasil pengukuran kinerja tahun 2018 bisa dilihat dari ketercapaian masing-masing sasaran strategis dan indikator kinerja, yaitu

  1. Sasaran Program (SP 1) : Meningkatnya kualitas pembelajaran dan kemahasiswaan, terdiri dari 5 Indikator Kinerja (IK), 4 IK melampaui target, 1 IK belum mencapai target. Indikator kinerja yang belum terpenuhi adalah persentase lulusan bersertifikat kompetensi dan profesi, ditargetkan 85% dengan capaian kinerja 82%.
  2. Sasaran Program (SP 2) : Meningkatnya kualitas kelembagaan, terdiri dari 3 Indikator Kinerja (IK), 2 IK jauh melampaui target, 1 IK belum mencapai target. Indikator kinerja yang belum terpenuhi adalah jumlah prodi terakreditasi minimal B, ditargetkan 95% dengan capaian kinerja 80,20%.
  3. Sasaran Program (SP 3) : Meningkatnya relevansi, kualitas, dan kuantitas sumber daya, terdiri dari 4 Indikator Kinerja (IK), 3 IK melampaui target, 1 IK belum mencapai target. Indikator kinerja yang belum terpenuhi adalah persentase dosen dengan jabatan lektor kepala, ditargetkan 35% dengan capaian kinerja 30%.
  4. Sasaran Program (SP 4) : Meningkatnya relevansi dan produktivitas riset dan pengembangan, terdiri dari 8 Indikator Kinerja (IK), 7 IK sudah tercapai target atau melampaui target dan 1 IK belum mencapai target. Indikator kinerja yang belum terpenuhi adalah persentase penggunaan dana masyarakat untuk penelitian, ditargetkan 15% dengan capaian 14,96%
  5. Sasaran Program (SP 5) : Menguatnya kapasitas inovasi, terdiri dari 1 Indikator Kinerja (IK) yaitu jumlah produk inovasi, dan target tercapai.
  6. Sasaran Program (SP 6) : Terwujudnya tata kelola yang baik yang terdiri dari 2 Indikator Kinerja (IK). 1 IK sudah terpenuhi yaitu opini penilaian laporan keuangan oleh auditor publik. 1 IK yaitu indeks kepuasan pelayanan, tidak lagi menjadi IK karena secara program kerja selalu dilaksanakan, karena menjadi keharusan oleh perguruan tinggi. Indikator kinerja kepuasan pelayanan ini juga menjadi barometer untuk mengukur bahwa UNP sudah memberikan pelayanan terbaik untuk stakeholder/masyarakat, untuk lebih rinci dapat dilihat pada tabel berikut ini.

ca

Dalam hal kinerja keuangan UNP memperoleh pagu yang tertuang dalam DIPA 2018 yang akan digunakan untuk mencapai sasaran program sebagaimana ditetapkan dalam perjanjian kinerja Rektor Universitas Negeri Padang dengan Kemenristekdikti tahun 2018 adalah sebesar Rp. 413.326.310.000,-. Dari pagu anggaran tersebut, untuk mencapai target kinerja yang ditetapkan, terealisasi sebesar Rp. 402.917.055.995,- sehingga persentase daya serap anggaran Universitas Negeri Padang Tahun 2018 adalah sebesar 97,48%, ini meningkat dari tahun 2017 yaitu 5% (93,6%).

Untuk download Laporan Kinerja Universitas Negeri Padang tahun 2018, klik link berikut:

Lakip 2018

 

Unggah Dokumen