Pembukaan PKKMB 2017 Lancar, Materi Tersaji Penuh Motivasi

Pembukaan PKKMB 2017 Lancar,   Materi Tersaji Penuh Motivasi
Category

Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB)  Universitas Negeri Padang Tahun 2017 di tiga gugus berlangsung sukses dan lancar. Usai Gugus A (Auditorium) dan B (GOR) yang menghadirkan Kapolda Sumbar dan Dandrem 032/Wirabraja, Kamis (17/8) siang pembukaan Gugus C di Aula Lt IV Fakultas Ekonomi UNP langsung oleh Rektor UNP. Prof Ganefri, Ph.D.

Pelaksanaan PKKMB UNP Tahun 2017 tahap pertama yang telah berlangsung sejak 15 hingga 18 Agustus 2017, cuaca di Kota Padang sempat mendung dan hujan. Namun karena kesigapan panitia PKKMB beserta Satpam dan Menwa mengatur perpakiran dan keamanan, pelaksanaan pembukaan tiga gugus PKKMB UNP Tahun 2017 menjadi aman tertib dan lancar.
 
Setelah pembukaan kegiatan PKKMB berlalu, mahasiswa baru dimasing-masing tiga gugus yang ada disuguhi kurikululm PKKMB. Diantaranya, pembinaan kesadaran bela negara, kehidupan berbangsa dan bernegara, general education, sistem pendidikan tinggi dan kegiatan akademik di perguran tinggi Indonesia, pengenalan nilai budaya, tata krama dan etika keilmuan, organisasi dan kegiatan kemahasiswaan dan lain sebagainya.

"PKKMB bertujuan mahasiswa memahami dan mengenal kehidupan kampus, cinta tanah air dan membangun  persahabatan dan kekeluargaan antar mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan," tutur Wakil Rektor 3 UNP, Prof Ardipal dalam laporannya sebagai ketua PKKMB, di Aula Prof. Kamaluddin Lt IV FE UNP ketika pembukaan di Gugus C, Kamis siang (17/8).

Prof. Dr. Ardipal, M.Pd mengatakan jumlah mahasiswa baru UNP yang diterima UNP Tahun 2017 merupakan jumlah mahasiswa baru terbanyak yang diterima sejak UNP berdiri dan hal ini menunjukan kemajuan UNP yang luar biasa.

"Untuk kelancaran PKKMB, pelaksanaannya dibagi dalam dua tahap. Usai tahap pertama yang berlangsung 15 sampai 18 Agustus 2017. Untuk program Diploma III akan dilaksanakan mulai 26 Agustus mendatang yang diikuiti sekitar 1.500 mahasiswa baru, total mahasiswa baru UNP tahun 2017 yang mengikuti PKKMB adalah 10.150 mahasiswa baru, baik jenjang S1, D4  dan DIII," rinci Prof. Dr. Ardipal, M.Pd

Pembukaan gugus C PKKMB UNP Tahun 2017 yang berlangsung di Lt IV FE UNP dibuka langsung Rektor UNP, Prof Ganefri. Didampingi para Wakil Rektor dan para Dekan selingkungan UNP serimoni pembukaan berlangsung dengan nuansa jiwa dan semangat '45. Betapa tidak, baru saja memulai sambutanya, Rektor UNP itu mengawalinya dengan yel-yel salam kemerdekaan.

"Ketika saya ucapkan merdeka, kalian anak-anaku menjawab merdeka, dapat dipahami.. merdeka... merdeka,,, merdeka..," ujar Prof Ganefri yang disambung dengan penuh antusias 900-an mahasiswa di gugus itu.

aaa

Prof. Ganefri, Ph.D menjelaskan. proklamasi dan revolusi kemerdekaan pada hakikatnya merupakan manifestasi dan kemampuan rakyat Indonesia. Manifestasi dan kemampuan rakyat Indonesia khususnya angkatan ’45, telah membangkitkan kekuatan dan dayacipta yang mampu menempatkan bangsa Indonesia sejajar dengan bangsa-bangsa lainnya di dunia. Jiwa semangat '45-merupakan sumber kehidupan bagi perjuangan bangsa Indonesia yang berisi kekuatan batin dalam merebut kemerdekaan, menegakkan kedaulatan rakyat, serta mengisi dan mempertahankannya.

Seperti biasanya, Rektor UNP memberikan informasi untuk memotivasi agar mahasiswa sukses belajar dan beprestasi. Bahkan Rektor UNP menginformasikan prospek peluang kerja lulusan UNP dimasa mendatang.

"Kita lagi berupaya bagaimana alumni UNP bisa menerobos pasar kerja di negara-negara ASEAN. Untuk itu, saat ini kita menargetkan alumni UNP mesti memiliki TOEFL 450 saat wisuda nanti," ujar Prof Ganefri, Ph.D memotivasi.
- Salam Kemerdekaan Mahasiswa Baru UNP yang dikomandoi Rektor, Prof Ganefri, Ph.D
- Salam Persahabatan Wakil Rektor III UNP, Prof. Dr. Ardipal, M.Pd
(Humas/UNP)