KPK Resmikan KPK Corner di Perpustakaan UNP

KPK Resmikan KPK Corner di Perpustakaan UNP
Category

Perpustakaan Universitas Negeri Padang meluncurkan KPK corner di lantai 2 perpustakaan UNP, Kampus Air Tawar, Jln Prof Hamka. Peluncuran yang berlangsung, Jumat (22/12) pagi itu merupakan bentuk kerjasama UNP dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

UNP melalui Pusat Kajian Gerakan Bersama Antikorupsi (PK Gebrak) yang diresmikan oleh Wakil Ketua KPK, Irjen Pol (Purn) Basaria Panjaitan, 24 April 2017 lalu telah melakukan kegiatan diskusi berbagai penindakan dan pencegahan korupsi.

KPK corner diharapkan menjadi laboratirum mini yang berisi berbagai koleksi buku dan alat peraga lainnya tentang korupsi dan pemberantasannya dan tentu akan semakin mendorong kegiatan pembelajaran, penelitian, dan kajian mengenai korupsi.

Rektor UNP Prof Ganefri, PhD mengungkapkan dengan adanya KPK Korner di Perpuspatakaan UNP, yang satu-satunya di luar jawa saat ini, juga akan mendorong sirkulasi pengetahuan antikorupsi yang lebih luas kepada masyarakat khususnya civitas akademika.

Melalui KPK corner, pihaknya berharap akan terus menyebarkan nilai-nilai kejujuran dan keutamaan, serta bisa terus mendukung KPK.

Juru bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, KPK corner merupakan batu pertama bagi mahasiswa untuk membangun integritasnya dalam rangka membangun negeri ini. Febri menambahkan, akan lebih menarik jika mahasiswa dibekali sejumlah literatur dan pengalaman.

Terutama pengalaman dari mantan Ketua KPK Bambang Widjojanto yang dituliskan ke dalam sebuah buku. Dalam acara ini, buku karya Bambang yang berjudul ‘Kriminalisasi Membungkam Suara Rakyat’ juga ikut ditempatkan di rak buku KPK corner.

Pihaknya menambahkan, peresmian KPK corner ini merupakan suatu pemikiran yang akan diaplikasikan dalam kinerja KPK. “KPK corner sejalan dengan program sertifikasi yang saat ini tengah kami lakukan. Melalui KPK corner, diharapkan dapat mencari kader-kader muda untuk mencari teman-teman yang tertarik dan memiliki kompetensi untuk berbicara tentang korupsi,” imbuh dia.

Peluncuran KPK Korner Perpustakaan UNP ditandai dengan pengguntingan pita oleh Juru Bicara KPK, Febri Diansyah didamping Rektor UNP, mantan Ketua KPK Bambang Widjojanto dan disaksikan Wakil Rektor 2 dan 3, Syahril, PhD dan Prof Ardipal serta turut hadir para Dekan selingkungan UNP.

Pada kesempatan itu, KPK menghibahkan 178 koleksi buku tentang korupsi dan subjek terkait di KPK Korner Perpustakaan UNP. (Humas UNP)

KPK Resmikan KPK Corner di Perpustakaan UNP