Gelar Public Lecture on Soil Dynamics Earthquake Engineering & Disaster Mitigation UNP berencana Menjalin Kerjasama dengan Kansai University

Gelar Public Lecture on Soil Dynamics Earthquake Engineering & Disaster Mitigation UNP berencana Menjalin Kerjasama dengan Kansai University
Printer Friendly, PDF & Email
Category

Jurusan Fisika gelar kuliah umum yang membahas tentang Dinamika tanah, rekayasa gempa bumi, dan mitigasi bencana. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari jurusan fisika dan  geografi. Kuliah umum yang dilangsungkan pada Rabu, 12 September 2018 di Auditorium FMIPA UNP ini dibuka oleh kepala UPT Layanan Internasional, Ananda Putra M.si, Ph.D.

aa
Dalam sambutannya Ananda Putra, M.Si, Ph.D mengatakan Universitas Negeri Padang berencana menjalin kerjasama dengan Kansai University. Selain itu, beberapa bangunan di UNP dansekolah negeri lainnya sudah memenuhi standar bangunan tahan gempa bumi. Hal inilah yang menjadi acuan pentingnya menjalin kerjasama dengan pihak yang telah mampu menciptakan bangunan-bangunan tahan gempa sehingga UNP bisa menciptakan lebih banyak lagi bangunan-bangunan tahan gempa lainnya.

Jepang sendiri pernah mengalami bencana tsunami yang amat dahsyat, semua bangunan hancur lebur, bahkan bukan hanya tsunami, angin tornado, gempa bumi, dan bencana-bencana lainnya kerap melanda Jepang. Yoshihiro mengungkapkan bahwa kota kelahirannya merupakan kota yang berbahaya, terdapat banyak sekali ancaman setiap waktu. Mereka harus selalu waspada, kalau-kalau ada angin datang yang bisa membalikkan truk kontainer atau merontokkan atap rumah mereka.

a

Bencana yang tidak dapat diduga inilah yang mendorong masyarakat Jepang, khususnya Prof. Koji Ichii dan Prof. Yoshihiro Okumura untuk mendalami ilmu-ilmu dinamika tanah, rekayasa gempa bumi, dan mitigasi bencana. Kedua profesor yang berprofesi sebagai dosen di Faculty of Societal Safety Sciences ini mengaku sudah dua kali menginjakan kaki di Indonesia.

Prof. Koji Ichii dan Prof. Yoshihiro membahas tema yang berbeda, dimana prof. Koji Ichii mengusung tema the importance of student exchange with various background for disaster mitigation dan performance based seismic design. Sedangkan Prof. Yoshihiro membicarakan tema tsunami disaster mitigation in Japan. Kedua tema ini sangat penting untuk dipelajari oleh mahasiswa-mahasiswa jurusan fisika dan geografi, karena tidak bisa dipungkiri Indonesia, khususnya Kota Padang sangat rentan akan bencana alam. Belum lama ini Lombok diratakan oleh gempa bumi yang dahsyat. (Humas UNP)