Lima Negara Pentaskan Ritual Islam di Universitas Negeri Padang

Lima Negara Pentaskan Ritual Islam di Universitas Negeri Padang
Kategori

Padang, (Antara Sumbar) - Lima negara dipastikan ikut berpartisipasi pada acara UNP-World Ritual Music Festival (UNP-WRMF) 2016 di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat, 1 hingga 3 September 2016.

Ketua Pelaksana UNP-WRMF, Wimbrayardi, di Padang, Kamis, menyebutkan kelima negara tersebut adalah Iran, Malaysia, Singapura, India dan Indonesia sebagai tuan rumah Sementara dari Indonesia diikuti oleh delapan perguruan tinggi yang mewakili tujuh provinsi.

Delapan perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Al Muslimin Biruen yang mewakili Nangroe Aceh Darussalam, Universitas Negeri Medan yang mewakili Sumatera Utara, Universitas Islam Riau yang mewakili Provinsi Riau, dan Universitas Bengkulu mewakili Provinsi Bengkulu.

Selain itu, juga ada Universitas Pasundan mewakili Jawa Barat, Kelompok Jiva Raga yang mewakili Bali, Kelompok Sakecoh yang mewakili Nusa Tenggara Barat, serta Universitas Negeri Padang (UNP) dan Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang yang mewakili Sumatera Barat.

Para peserta dari dalam dan luar negeri tersebut akan mementaskan pagelaran berupa musik ritual dan religi yang bernapaskan Islam. Pelaksanaan acara UNP-WRMF tersebut dilaksanakan oleh Jurusan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni.

"Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu wujud apresiasi UNP terhadap eksistensi seni dan budaya di Indonesia dalam perspektif menyambut Masyarakat Ekonomi Asean," ujarnya.

Untuk menentukan peserta yang akan tampil, pihaknya mengggunakan dua orang kurator seni pertunjukan, yaitu Irwansyah Harahap dari Universitas Sumatera Utara dan Andranofa dari ISI Padangpanjang.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut akan dilaksanakan di Medan nan Balinduang, Fakultas Bahasa dan Seni UNP.

"Untuk peserta yang mewakili negara kita akan tampilkan pada malam hari karena merupakan pertunjukan utama, sedangkan peserta yang mewakili provinsi akan tampil pada sore dan malam hari," sebutnya.

Acara tersebut akan dibuka oleh Gubernur Sumbar dan dihadiri Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hilmar Farid. Pada pembukaan acara UNP-WRMF akan tampil kelompok musik yang dipimpin Irwan Prayitno.

"Seluruh peserta UNP-WRMF sudah berada di Padang pada 31 Agustus nanti dan malam harinya akan dijamu Gubernur Sumbar untuk makan malam," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang kurator Irwansyah Harahap mengatakan, festival musik ritual Islam yang digelar UNP ini merupakan kali pertama diadakan di dunia.

"Khusus ritual musik Islam, ini yang pertama kalinya diadakan di dunia, kalau hanya musik ritual memang sudah banyak, tetapi khusus ritual Islam hanya baru kali ini," katanya. (*)


Sumber Antara Sumbar Pewarta : Aadiaat Makruf S H
Editor : Joko Nugroho COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2016