Sebanyak 10 Ribu Mahasiswa Baru Akan Mengikuti PKKMB UNP 2017

Sebanyak 10 Ribu Mahasiswa Baru Akan Mengikuti PKKMB UNP 2017
Kategori

Diperkirakan 10 ribu mahasiswa baru dari jalur SNMPTN dan SBMPTN serta Seleksi Mandiri gelorakan semangat kebangsaan dan kebhinekaan untuk bergabung dengan Program Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Universitas Negeri Padang (UNP) 15 Agustus 2017 mendatang.

Rencana keikutsertaan mahasiswa baru di Kampus UNP Air Tawar dipersiapkan dan dimatangkan dalam rapat koordinasi pertama yang dipimpin Wakil Rektor 3 UNP, Prof. Dr. Ardipal, M.Pd di ruang sidang senat rektorat lama UNP, Kamis (10/8).

"Kita ingin PKKMB berjalan semaksimal mungkin, PKKMB kesempatan Rektor UNP mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung kepada seluruh mahasiswa baru dikampus kami tercinta UNP. Sehingga kesempatan yang ada benar-benar menjadi niat untuk mencari ilmu dan melakukan proses-proses belajar di dalam perguruan tinggi bagi mahasiswa baru nanti," kata Prof. Dr. Ardipal, M.Pd yang didampingi sekretaris PKKMB, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswan (BAK) Azhari Suwir, SE dan Kabag Kerjasama dan Humas UNP Novri Elvida,S.Pd, M.Pd.

Dalam PKKMB yang berlangsung selama tiga hari (15-18/8) nanti, mahasiswa selain dibekali  materi tentang pengenalan kehidupan kampus baik akademik maupun non akademik, juga disertai materi wawasan kebangsaan, kesadaran bela negara, pencegahan, penanggulangan dan penyalahgunaan narkoba, serta meredam radikalisme dengan metode yang tepat.

Sementara itu, secara terpisah Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D menyatakan, dalam penyampaian materi nanti diharapkan pemateri memberikan gambaran tentang pentingnya pendidikan karakter khususnya nilai integritas, moral, etika, kejujuran, kepedulian, tanggung jawab dan kedisiplinan dalam kehidupan di kampus dan masyarakat.

"Kita akan upayakan melalui PKKMB nanti kita gelorakan semangat kebangsaan kita, jaga Pancasila dan UUD 1945. Kita jaga NKRI. Kita jaga kebhinnekaan kita. Kita harus isi ulang, kita harus isi kader-kader bangsa dengan jiwa yang mulia, etos kerja yang baik, disiplin, integritas dan kejujuran yang baik, moralitas yang baik, nilai-nilai akan budi yag baik, nilai-nilai kesopanan. Karena kita harus sadar jiwa-jiwa mulia ini amat dibutuhkan untuk menghantarkan mahasiswa sukses dan berprestasi dimasa mendatang,"
kata Prof. Ganefri, Ph.D.

Seperti diinformasikan Sekretaris PPKMB UNP Tahun 2017, Azhari Suwir,SE tempat pelaksanaan akan berlangsung di dua lokasi, Auditorium dan GOR UNP. Waktu pelaksanaan 15 sampai dengan 17 Agustus. Sedangkan 18 Agustus PKKMB akan berlangsung dibawah koordinasi Fakultas masing-masing. Untuk menyukseskan kegiatan PKKMB UNP Tahun 2017 ini, pihaknya akan melibatkan sekitar 400 panitia baik dari civitas akademika UNP sendiri maupun dengan mitra lainya, seperti TNI dan Polri. (Humas/UNP)

dad