SEMINAR NASIONAL LINGKUNGAN HIDUP 2016

   Dekan F MIPA, Prof.Dr. Lufri,M.Si. mewakili Rektor UNP membuka acara secara resmi
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Pada hari Sabtu tanggal 18 Juni 2016 telah diselenggarakan Seminar Nasional Lingkungan Hidup dengan tema “Tata Kelola dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) Serta Kebencanaan Berkarakter Kerakyatan dan Bersepektif Ekologis di Sumatera Barat” bertempat di Aula Prof. Kamaluddin Gedung Fakultas Ekonomi lantai IV. Penyelenggaraan seminar ini merupakan acara Seminar untuk pertama kalinya  dari agenda Seminar Nasional yang menjadi agenda tahunan Pusat Penelitian Kependudukan , Lingkungan Hidup dan Kebencanaan Universitas Negeri Padang.

Pembukaan kegiatan dilaksanakan oleh Rektor Universitas Negeri Padang diwakili oleh Dekan Fakultas MIPA Universitas Negeri Padang. Prof. Dr. Lufri,MS. Kegiatan ini dihadiri oleh Pejabat antara lain Para Wakil Rektor, Dekan, Kepala Biro se lingkungan Universitas Negeri Padang.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM LHK Kemenristek Dikti, Dr.Ir.Bambang Soepijanto,MM. dalam penyampaian materi seminar
Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM LHK Kemenristek Dikti, Dr.Ir.Bambang Soepijanto,MM. dalam penyampaian materi seminar
Tiga dari enam Narasumber seminar didampingi moderator menanggapi setiap pertanyaan peserta
Tiga dari enam Narasumber seminar didampingi moderator menanggapi setiap pertanyaan peserta

Bertindak sebagai Narasumber adalah Kepala BP2SDM Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr.Ir.Bambang Soepijanto,MM., Kalaksa BPBD Provinsi Sumataera Barat, Zulfiatno,ST.,M.Sc., Direktur  PT Semen Padang diwakili oleh Direktur Produksi PT Semen Padang , Ir.Indrie H. Indra, Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Kota Padang, Prof. Dr.Ir. Isril Berd, Kepala Bapelda Daerah Sumatera Barat, Drs. Asrizal Asnan MM. serta Ketua PPKLH dan Kebencanaan UNP, Dr. Indang Dewata, M.Si.

Ketua PPKLH dan Kebencanaan UNP, Dr.Indang Dewata,M.Si. sedang menyampaikan materi seminar
Ketua PPKLH dan Kebencanaan UNP, Dr.Indang Dewata,M.Si. sedang menyampaikan materi seminar

Ketua Panitia pelaksana seminar Dr. Rahadian Z,S.Pd.,M.Si. dalam laporannya menyampaikan bahwa jumlah  peserta seminar kurang lebih 280 orang  yang terdiri dari berbagai kalangan  dari luar kampus UNP seperti Unja Pekanbaru, Kepala Sekolah Menengah Atas dan Mahasiswa dari  UNP  antara lain dari Ilmu Lingkungan S2, Ilmu Geologi S2 , Kimia S1 dan S2 dan S1 Biologi.

  Sebagian peserta seminar sedang menyimak materi
  Sebagian peserta seminar sedang menyimak materi
 

Dari materi yang disampaikan oleh setiap narasumber hampir memberikan isyarat dan ajakan kepada peserta khususnya dan kita semua pada umumnya , untuk selalu berprilaku bijak terhadap alam, menjaga alam beserta  segala sumber daya yang ada di dalamnya agar dimanfaatkan secara proporsional, profesional dan beretika/berkarakter. Ilmu dan teknologi sudah banyak  kita miliki dan kita ketahui namun yang masih kurang adalah kurang peduli terhadap lingkungan bagaimana menjaganya. Dr. Indang Dewata, M.Si. selaku pemateri terakhir pada acara tersebut yang menyampaikan materi dengan judul “Penduduk dan Tekanan Terhadap Sumber Daya Alam”,  menekankan bahwa Ilmu Pengetahuan Formal dan Non Formal adalah kata kunci yang arif sebagai pijakan atas ilmu pengetahuan yang sudah kita miliki sebagai hamba Allah yang sudah sepantasnya  mensyukuri atas apa yang sudah dianugrahkan kepada kita untuk selalu menjaganya. Timbulnya Bencana salah satu disebabkan oleh jumlah penduduk yang tidak terkendali dan tidak terencanakan yang cenderung merusak alam dan lingkungan. Suasana lebih hangat lagi tampak ketika dibuka sesi tanya jawab, banyak peserta mengemukakan apa yang mungkin selama ini menjadi ganjalan dalam hati peserta  terhadap kebijakan Pemerintah terhadap bencana yang terjadi. Seminar berlangsung  aman dan lancar hingga pukul 16.30 WIB.

 Narasumber beserta panitia seminar berfoto bersama   Bagian Kerjasama dan Humas
Narasumber beserta panitia seminar berfoto bersama


Bagian Kerjasama dan Humas