Valentino Dinsi Berikan Kuliah Umum di UNP

Valentino Dinsi Berikan Kuliah Umum di UNP
Kategori

Ustad Valentino Dinsi, SE,MM, MBA, guru enterpreneur dan pendiri Komunitas Majelis Taklim Wirausaha memberikan Ceramah Motivasi Kuliah Umum Kewirausahaan kepada para mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) pada hari Senin, 28 Agustus 2017 pukul 08,15 Wib di Auditorium UNP.

Kuliah umum yang diinisiasi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Karir dan Kewirausahaan diberikan sebagai wujud dan tanggung jawab UNP yang memberikan pelayanan pendidikan bagi generasi muda Indonesia. Acara diawali dengan melagukan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Yuafriza Fatli merupakan juara I MTQM tingkat Nasional di Malang.

"Jika dulu Saudagar Minang tercatat menjadi orang-orang terkaya di Indonesia. Sekarang UNP berupaya untuk mendorong kembali lahirnya saudagar-saudagar Minang, diantaranya selain ada mata kuliah enterpreneuship juga memberikan kuliah umum kewirausahaan kepada para mahasiswa," kata Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D dalam memberikan sambutan, sembari mensosialisasikan kompetisi kewirausahaan bagi mahasiswa di Provinsi itu dengan tajuk Minang Entrepreneurship Award (MEA) 2017 memperebutkan hadiah total Rp265 juta.

Kuliah umum kewirausahaan yang dipenuhi antusiasme oleh ratusan para mahasiswa yang hadir dalam kuliah umum tersebut, bertemakan "Motivasi Wirausaha bagi Civitas Akademika UNP" mengundang Ustad Valentino Dinsi, SE, MM, MBA. sebagai pemateri. Turut hadir, Wakil Rektor4, Prof. Dr Syahrial Bakhtiar, M.Pd, WR2, Ir. Drs. Syahril, ST., MSCE, PhD, serta Dekan selingkungan UNP.

 
Pemberian materi kuliah umum kewirausahaan oleh Ustad Valentino Dinsi, SE, MM, MBA diawali dengan menginventarisir para mahasiswa yang telah memulai usaha dan mempertanyakan kepada para mahasiswa, siapa yang ingin menjadi pengusaha?
"Satu-satunya yang bisa mengalahkan pengusaha non pribumi di era 1960-an adalalah pengusaha Padang," katanya.

Ustad Valen, mengungkapkan, perbedaan cari mencari uang generasi era 1960-an dengan generasi era sekarang. Bahkan ia mereview cara mencari uang dizaman dahulu kala, seperti era  bangsawan,  pendeta, industri, zaman informasi dan saat ini adalah era kreativitas atau era digital.

aa

Ustad Valen juga menceritakan secara singkat para pengusaha era kreativitas dan era digital yang sukses, seperti mereka yang sukses bisnis online.
“Cara mencari uang sudah berbeda dari era dulu dengan era sekarang, jadi adik-adik mahasiswa mulai jadi pengusaha dengan bisnis online, kalian harus mulai dari kampus,"” tutur Ustad Valen.

Kuliah umum tersebut menyajikan materi sharing ekonomi: Membangun ekonomi umat berbasis masjid yang menekankan dua pesan kepada para mahasiwa, yaitu perlunya menggiatkan dalam diri mahasiswa shalat shubuh berjamaah, berilmu dan berguru.

Usta Valen bukan hanya mampu menarik antusiasme para mahasiswa dengan petuah dan motivasi yang diberikan, melainkan juga dengan memberikan kesempatan bertanya jawab.

Usai acara Ketua UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan, Dra. Asmar Yulastri, M.Pd., Ph.D mengungkapkan pentingnya mahasiswa mengikuti kuliah kewirausahaan.

“Semoga kuliah kewirausahaan ini dapat memotivasi mahasiswa untuk bergerak menjadi wirausaha yang bermanfaat bagi masyarakat. ” ujar Dra.Asmar Yulastri.(Humas UNP)
aa