360 Guru Madrasah "Dipulihkan" Profesionalitasnya di UNP

360 Guru Madrasah "Dipulihkan" Profesionalitasnya di UNP
Kategori

niversitas Negeri Padang dan Kementerian Agama melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah akan memulihkan profesionalitas guru melalui sertifikasi guru tahun 2017. Sebanyak 360 guru madrasah tersebut akan mengikuti proses sertifikasi dari Rabu (13/12) hingga Sabtu (23/12) mendatang di Padang.

Rektor UNP, Prof Ganefri, PhD saat pembukaan acara Sertifikasi Guru Madrasah Tahun 2017 di Auditorium UNP, Rabu (13/12) mengatakan salah satu masalah besar yang dihadapi dunia pendidikan di Indonesia sejak masa Orde Baru adalah profesionalisme guru yang masih belum memadai. Secara kuantitatif, jumlah guru agaknya sudah cukup memadai, tetapi dari segi mutu dan profesionalisme masih belum memenuhi harapan.

Menurut Prof Ganefri, banyak guru masih belum memenuhi kualifikasi akademik dan belum linier dengan apa yang diajarkan, sehingga mereka tidak atau kurang mampu menyajikan dan menyelenggarakan pendidikan yang benar-benar kualitatif
 
"Sebagai seorang Guru sudah seharusnya bisa menyikapi dinamikan permasalahan PBM, dan Guru harus bisa memahami karakter siswanya dengan baik dan mampu mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh siswa sehingga Guru tidak terkesan tergesa-gesa dan salah dalam mengambil suatu tindakan," kata Prof Ganefri.

Selain Rektor UNP, sebelumnya Direktur GTK Madrasah Kemenag diwakili Kepala Seksi Bina Guru MI/MTs Mustofa Fahmi mengatakan Direktorat GTK Madrasah berupaya mengoptimalkan perhatian yang serius atas keberadaan guru, terutama yang terkait pemberian tunjangan profesi dan pelaksanaan sertifikasi.

Menurutnya, guru merupakan elemen paling menentukan kualitas pendidikan madrasah di Indonesia untuk kemajuan bangsa di masa depan.

"Sudah keharusan bagi guru madrasah memiliki kualifikasi, kompetensi dan sertifikasi. Ketika gelar profesional telah dimiliki (sertifikasi), guru harus mampu menghasilkan siswa-siswi yang berkualitas," tandasnya.

Pada kesempatan, WR4 UNP, Prof Syahrial Bakhtiar selaku Ketua Pelaksana Sertifikasi Guru Madrasah Tahun 2017 yang diselenggarakan LP3M UNP melaporkan pada tahun 2017, Sertifikasi Guru Madrasah diikuti oleh 360 peserta dari seluruh Provinsi di Indonesia.

“Total guru yang ikut sertifikasi guru tahun 2017 sebanyak 4.315 guru, diantaranya 360 sertifikasinya dilaksanakan oleh LP3M UNP” tutur Prof Syahrial Bakhtiar, turut hadir dalam pembukaan acara itu WR3, Prof Ardipal dan Dekan Selingkungan UNP. (Humas UNP)  

 aaa
 

aaa