Rektor UNP dan Wako Sawahlunto Sepakati Kerjasama Bidang SDM dan Pengabdian Masyarakat

Rektor UNP dan Wako Sawahlunto Sepakati Kerjasama Bidang SDM dan Pengabdian Masyarakat
Kategori

Pemerintah Kota Sawahlunto menggandeng Universitas Negeri Padang untuk menjalin kerja sama. Keduanya menyepakati kerjasama di bidang peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM).

Adapun lingkup kerja sama dalam bentuk pertukaran tenaga ahli, pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta pengembangannya.

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf dan Rektor UNP, Prof Ganefri, Ph.D, di Sawahlunto, Senin (30/10) pada pembukaan Gebyar Pendidikan yang Pertama Tahun 2017 yang dibuka secara resmi oleh Walikota Sawahlunto Ali Yusuf.

Prof Ganefri mengatakan bahwa dalam masa kepemimpinannya, UNP memang menargetkan instansinya dapat melakukan berbagai bekerjasama diantaranya dengan para Bupati dan Walikota se-Sumatera Barat. UNP, menurut dia, sudah melakukan kerja sama dengan sejumlah Bupati, diantaranya Bupati Padang Pariaman dan Pesisir Selatan.

"UNP dan Pemko Sawahlunto memiliki kedekatan emosional. UNP merupakan bagian tak terpisahkan dalam sejarah Pahlawan Nasional M Yamin, yang merupakan putra Talawi, " katanya yang didampingi Wakil Rektor 3, Prof Ardipal dan WR4, Prof. Syahrial Bakhtiar.

Pada kesempatan itu, Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf mengatakan, Pemko Sawahlunto memerlukan kerjasama dengan institusi pendidikan untuk menjaga dan meningkatkan sumberdaya manusia. Sebagai pemerintahan berbasis sejarah tambang, menurut dia, Pemko senantiasa berinovasi dan mengembangkan SDM secara berkesinambungan, khususnya untuk menciptakan SDM berkualitas.

Untuk itu, dikatakan Ali Yusuf, diperlukan penguatan dalam bidang pendidikan, terutama dalam hal rekayasa ekonomi kreativ dan pariwisata, agar dapat dipercepat pembangunanya.

"Upaya pengembangan SDM diantaranya dilakukan melalui kerjasama dengan institusi pendidikan yang kompeten, dimana UNP sudah berakreditasi A saat ini," katanya. (Humas UNP)

fdsf