PPL CALON GURU UNP DI KOTA PADANG: Sebanyak 622 Mahasiswa PLK di 80 Sekolah

PPL CALON GURU UNP DI KOTA PADANG: Sebanyak 622 Mahasiswa PLK di 80 Sekolah
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Universitas Negeri Padang terus berupaya memaksimalkan peran secara maksimal, terkait mengantipasi kondisi tenaga kependidikan terutama profesionalisme guru dimasa depan. Hal itu dibuktikan, penyerahan mahasiswa yang mengikuti Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) di Kota Padang difasilitasi langsung di GOR UNP, Sabtu (13/1).

"Usaha UNP untuk membina lulusan sarjana sebagai guru selalu mendapat perhatian oleh Rektor UNP, karena lulusan UNP diharapkan menjadi tenaga pengajar yang andal," ujar Wakil Rektor 4 UNP, prof Syahrial Bakhtiar dalam sambutannya pada kegiatan penyerahan mahasiswa PLK ke Dinas Pendidikan Provinsi dan Disdik Kota Padang.
 
Bahkan Prof Syahrial Bakhtiar mengajak 600-an mahasiswa PLK yang bakal jadi guru untuk berperan untuk memberikan contoh akhlak mulia, aktif memotivasi siswa belajar, dan mengamalkan nilai-nilai agama dan etika.

"Peran dan tugas guru merupakan salah satu faktor determinan bagi keberhasilan pendidikan, oleh karena itu keberadaan dan peningkatan profesi guru menjadi penting. Pendidikan di abad pengetahuan menuntut adanya manajemen pendidikan modern dan profesional," ujar Prof Syahrial Bakhtiar

Sebelumnya Kepala Pusat Pengalaman Lapangan (PPL), Dr Waskito melaporkan sekolah yang dilibatkan untuk kegiatan PLK dibawah koordinasi Disdik Kota Padang sebanyak 50 sekolah dengan jumlah mahasiswa calon guru sebanyak 347 orang. Sementara sekolah yang dibawah koordinasi Disdik Provinsi Sumbar sebanyak 30 sekolah dengan jumlah mahasiswa calon guru sebanyak 275 orang.

"Sebanyak 622 mahasiswa calon guru melakulan PPL di 80 sekolah di Kota Padang, dengan durasi waktu PPL hingga bulan Juni 2018 mendatang," kata Dr Waskito

Usai laporan kepala PPL dan pengarahan WR4 UNP, Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UNP, Dr Edwin Musdi secara simbolis menyerahkan mahasiswa PPL ke Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumbar, Nasmeri, M.Pd dan Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdik Kota Padang, Marzuki, M.Pd.

Dalam penyerahan 622 mahasiswa Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) UNP yang melakukan program PPL dihadiri 80 kepala sekolah se-Kota Padang. Mahasiswa PPL itu berinteraksi langsung di GOR UNP dengan para Kepsek, untuk mendapat informasi guna menimba pengalaman sebagai guru. (Humas UNP)

PPL CALON GURU UNP DI KOTA PADANG: Sebanyak 622 Mahasiswa PLK di 80 Sekolah

PPL CALON GURU UNP DI KOTA PADANG: Sebanyak 622 Mahasiswa PLK di 80 Sekolah