DARI RAPAT WISUDA DAN DIES NATALIS KE-69: UNP Resmi Terima Mahasiswa Baru

dsf
Kategori

Universitas Negeri Padang pada tahun akademik 2017/2018 menerima secara resmi 11.260 mahasiswa baru program doktor, magister, profesi, sarjana dan Diploma D4 dan D3.

"Total mahasiswa UNP yang terdaftar pada semester Juli-Desember 2017 ini adalah 37.980, Dari total mahasiswa UNP itu 11.998 orang diantaranya  adalah mahasiswa baru," kata Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D, Sabtu (16/9) di Auditorium UNP disela-sela di Rapat Wisuda Rapat Wisuda Program Doktor, Magister, Profesi, Sarjana dan Diploma Periode 109 dan Dies Natalis ke-63.

Menandai penerimaan mahasiswa baru itu secara simbolis dilakukan dengan pemasangan jaket almamater oleh Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D. didampingi para Wakil Rektor dan Dekan Selingkungan UNP kepada perwakilan mahasiswa baru.

Selain berasal dari 34 Provinsi di Indonesia, sebanyak 4 mahasiswa baru UNP berasal dari Malaysia.

"Adik-adik mahasiswa baru UNP datang dari berbagai suku, Batak, Minang, Banjar, Maluku, Papua dan berbagai macam suku di Indonesia, bahkan dari negara lain. Itulah simbol kebhinekaan, ananda kesini datang ke Padang tentu tidak untuk menjadi orang Minang, tidak pula menjadi Jawa, tetapi adik-adik diharapkan menjadi Indonesia," ujar Prof. Ganefri, Ph.D kepada perwakilan mahasiswa baru itu.

Menurut Rektor, menjadi Indonesia adalah menjadi manusia yang penuh toleransi, memberikan ruang pada keberagaman, perbedaan, saling mengerti, tidak ada keinginan atas satu dengan yang lain untuk mendominasi. Karena itu, dengan memiliki disiplin ilmu yang berbeda-beda menjadi modal dan kekuatan UNP dalam mendidik mahasiswa untuk saling mengenal dan berinteraksi.

"Saya berharap para mahasiswa baru untuk aktif dalam organisasi kemahasiswaan yang bervariasi, baik itu dengan minat maupun orientasi politik yang bervariasi. Itulah kekayaan Indonesia, saudara harus belajar dalam keragaman,
saudara harus belajar untuk mentoleransi, saudara harus belajar saling mengerti, berbhineka namun pada akhirnya adalah Ika," tuturnya.

"UNP merupakan salah satu universitas berakreditasi A di Indonesia. Kita bersama dengan beberapa universitas lain, ingin mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Karena itu, atas nama keluarga besar UNP saya menyampaikan selamat bergabung di UNP dan selamat datang yang selalu berjuang untuk kemajuan pendidikan Indonesia," imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I UNP, Prof. Dr. Yunia Wardi, M.Si menambahkan jumlah peminat masuk UNP tahun 2017 meningkat cukup signifikan. Dari 42.057 pendaftar di tahun 2017 menjadi 48.132 yang tersebar di 98 program studi S1.

Dengan naiknya jumlah pendaftar ini, maka tingkat penerimaan mahasiswa baru meningkat 35 % dari 8.882 orang menjadi 11.260. (Humas UNP)

fdsf