GIAT LP3M UNP; Ganefri: Prodi Unggul Kompetitif PT

GIAT LP3M UNP   Ganefri: Prodi Unggul Kompetitif PT
Kategori

Kondisi kekurangan mahasiswa, tenaga dosen dan bahkan fasilitas belajar mengajar perguruan tinggi swastas serta kecenderungan kuat mahasiswa tersedot ke PTN akan bisa terhindari, jika program studi PTS tersebut bisa memacu diri menjadi prodi unggul.

"Dukungan pemerintah untuk peningkatan kualifikasi dosen disediakan lewat beragam skema beasiswa perkembanganya sudah menggembirakan, pertanyaanya sejauh mana program asuh menuju prodi unggul telah dilaksanakan," kata Rektor Universitas Negeri Padang dalam pembukaan kegiatan monitoring dan evaluasi hibah program asuh menuju prodi unggul yang difasilitasi LP3M UNP di Padang, Rabu (20/9).

Menurut Rektor UNP, Prof Ganefri, PhD yang pernah menjabat Ketua Kopertis Wilayah X ini mengungkapkan, memacu pertumbuhan perguruan tinggi yang belum terakreditasi patut menjadi perhatian Direktorat Penjaminan Mutu Kemeristek Dikti, tentu kualifikasi minimum dosen harus setingkat lebih tinggi dibanding dengan mahasiswa yang diasuhnya.

"UNP juga memberikan perhatian untuk meningkatkan kualitas dosen, diantaranya dengan menargetkan 300 publikasi internasional bagi dosen," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Rektor UNP menyampaikan ungkapan terimakasihnya atas kepercayaan menjadikan UNP sebagai universitas terpilih untuk menyelenggarakan hibah program asuh menuju prodi unggul. Lebih lanjut ia juga menyatakan bahwa hibah ini merupakan program yang sangat bermanfaat.

Sementara itu, Kasubdit Penguatan Mutu, Antari W Mawarti mewakili Direktur Penjamin Mutu Kemenristek Dikti merespon sambutan Rektor UNP tentang dosen PTS yang minim memiliki kompetensi jabatan fungsional yang sesuai dengan tingkat kompetensinya.
" Jadi melalui Monev Program Asuh dengan LP3M UNP ini, hibah program asuh menuju prodi Unggul di UMSB, Universitas Pasir Pangaraian (Rokan Hulu), Universitas Riau Kepulauan, Batam dapat dimaksimalkan," ujarnya.
Antari W Mawarti menjelaskan bahwa kesuksesan pelakasanaan hibah ini tidak lepas dari keikutsertaan para pimpinan UNP yang konsisten mendampingi, monev kali ini juga bertujuan untuk menggali masukan-masukan dalam rangka perbaikan hibah program asuh ke depan. “Maraknya pertumbuhan perguruan tinggi yang belum terakreditasi patut menjadi perhatian kita untuk turut membantu perguruan tinggi tersebut dalam meningkatkan kualitas pendidikannya salah satunya dengan program hibah ini”, Ungkapnya.

Pembukaan Monev hasil kegiatan perguruan tinggi penerima dana program asuh menuju prodi unggul tahun 2017 oleh Dr. Giatman, MSCE selaku ketua BPMI UNP. (Humas UNP)