Upaya Peningkatan Mutu Lulusan, SD Pembangunan Labor UNP Gelar Lokakarya

Upaya Peningkatan Mutu Lulusan, SD Pembangunan Labor UNP Gelar Lokakarya
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

    Sekolah Dasar Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang menggelar acara Lokakarya Implementasi Kurikulum 2013. Acara ini merupakan salah satu agenda  dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di SD yang dipimpin Arni, M.Pd Kamis(1/6)
    Lokakarya yang dibuka Direktur Sekolah Laboratorium UNP, Dr Nurhasansyah dihadiri Irsad, M.Pd. , tim Akreditasi Sekolah SD dan Ramson, dari Pendididkan Dasar Dinas Pendidikan Kota Padang. Acara ini diikuti sekitar 30 orang yang terdiri dari guru-guru SD Pembangunan Labor UNP itu.
    Acara yang digelar di ruang pertemuan lantai II sekolah itu dipandu oleh Kepala SD Pembangunan Laboratorium UNP, Arni, M.Pd dengan dua pembicara Ramson, M.Pd yang membahas tentang Kurikulum 2013 di SD, Konsep dan Implementasinya serta pelaksanaannya bagi guru di lingkungan Kota Padang dam Irsyad, M.Pd dari FIP UNP.
    Ramson mengawali sesi pertama dengan sejarah kurikulum di Indonesia sehingga mengantarkan bangsa Indonesia mendesign Kurikulum 2013 yang sarat dengan Tematik, pembelajaran tidak berdiri sendiri-sendiri namun terintegrasi dalam Tema. Disini anak-anak Indonesia tidak hanya dituntut tinggi dalam level kognitif produk saja melainkan juga ketrampilan berpikir kritis, proses, dan strategi berpikir. Sangat memprihatinkan bahwa dalam beberepa tes internasional, Indonesia menunjukkan level dibawah 3 yang artinya belum dapat secara mandiri menguasai konsep, pemecahan masalah, dan mengambil keputusan.
    Sesi kedua dua pembicara Rifni yang memaparkan tentang Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Tematik di SD, dan matapelajaran matek-mateka oleh Yettirismi.Rifni memaparkan seperti apakah pendekatan scientifik yang harus ada dalam pola 5M (mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan membentuk jejaring) Kurikulum 2013.Diharapkan dengan pendekatan scientifik, siswa mampu memproses dan menemukan sendiri fakta dan konsep atau berupa ilmu pengetahuan yang selanjutnya dikembangkan kompetensi sikap (afektif), pengetahuan (kognitif), dan ketrampilan (psikomotorik). Sesi lokakarya ditutup pleh pemaparan Dr Nurhasan yang berpengalaman menjadi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Agam.

sd
    Melalui Lokakarya Kurikulum 2013, Arni mengharapkan bisa meningkatkan kualitas lulusan SD Pembangunan Labor UNP dimasa mendatang, (Agusmardi/Humas/UNP)