Jelang Wisuda Ke-109 UNP Gelar Kuliah Umum Fahmi Idris dan Is Anwar

Jelang Wisuda Ke-109 UNP Gelar Kuliah Umum Fahmi Idris
Kategori

Universitas Negeri Padang  (UNP) menggelar kuliah umum bersama mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI (2005-2009), Fahmi Idris bertemakan "Strategi Pendidikan Tinggi dalam Mewujudkan Entrepreneurial Kampus" pada Kamis (14/9) di Auditorium UNP yang dihadiri para pimpinan UNP diantaranya, Rektor UNP, Prof Ganefri, para Wakil Rektor dan Dekan serta 4000 mahasiswa.

Dalam kuliah umumnya Fahmi Idris, yang akrab disapa Bang Fahmi akan memaparkan pemikiran mengenai konsep usaha-usaha untuk menanamkan jiwa dan semangat kewirausahaan serta menggalakannya di perguruan tinggi, tentunya dengan berbagai metode dan strategi yang membuat mahasiswa tertarik untuk berwirausaha.

"Apa yang menyebabkan semangat kewirausahaan di UNP begitu menggelora? Jawabannya sederhana, saat ini  UNP ingin berkontribusi dalam kemajuan perekonomian Indonesia dimasa mendatang," kata Rektor UNP, Prof Ganefri, Rabu (13/9).     

Mengapa Fahmi Idris sebagai nara sumber kali ini, karena masa mudanya Fahmi dikenal sebagai aktivis yang ulet dan cekatan. Beberapa jabatan kemahasiswaan sempat ia sandang, antara lain sebagai pimpinan Himpunan Mahasiswa Islam, Ketua Senat Fakultas Ekonomi UI (1965-1966), dan Ketua Laskar Ampera Arief Rachman Hakim (1966-1968).

Lebih lanjut, menurut Prof Ganefri yang pernah menjabat Ketua Kopertis Wilayah X, peran entrepreneur dalam menentukan kemajuan suatu bangsa telah dibuktikan oleh beberapa negara maju seperti Amerika, Jepang, plus tetangga terdekat yaitu Singapura dan Malaysia.
Di Jepang mempunyai luas wilayah yang sangat kecil dan sumber daya alam yang kurang mendukung (kurang subur) namun dengan semangat dan jiwa entrepreneurshipnya menjadikan jepang sebagai negara terkaya di Asia.

Sebagai peserta kuliah umum, Prof Ganefri mengundang, para wisudawan/wati periode September 2017 yang berjumlah 3.689 plus mahasiswa baru lainnya dengan target peserta 4000 peserta.

Adapun para hari Jumat (15/9) besok, UNP juga kembali menggelar kuliah umum dengan tema yang sama menghadirkan pengusaha property nasional Is Anwar, owner resort Datuk di Sukabumi dan gedung perkantoran Is Plaza di Jakarta.  Is Anwar juga merupakan politisi senior asal Ranah Minang.

 

Sementara itu, Wakil Rektor1 UNP, Prof Yunia Wardi, M.Si mengatakan, untuk kelancaran pelaksanaan wisuda periode ke-109 pada Sabtu hingga Senin (16-18/9) pekan ini, telah dijadwalkan gladi bersih pada hari Kamis (14/9) sebelum gladi bersih, pukul 08.00 WIB diawali kuliah umum dengan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, Fahmi Idris.

"Agar terlaksananya kegiatan wisuda September 2017 ini, semua calon wisuda, panitia mengikuti jadwal yang telah ditetapkan," harap Prof Yunia Wardi.

Wisuda Sabtu (16/) akan dilangsungkan bagi semua lulusan S2 dan S3 (495) serta wisudawan/wati dari FT (672), dengan total wisuda hari pertama 1.167 orang. Minggu (17/9) akan dilangsungkan wisuda bagi lulusan FIK (353), FMIPA (337), FE (333) dan FPP (192) dengan total wisuda hari kedua itu,1.2015. Sedangkan pada hari Senin (18/9) akan dilangsungkan wisuda bagi lulusan FIP (727), FBS(364) dan FIS (216) dengan total wisuda hari kedua 1.307 orang.