Informasi Kemahasiswaan

Dalam penerimaan mahasiswa baru, Universitas Negeri Padang mempunyai 3
(tiga) jalur penerimaan, yaitu:
  1. Penerimaan melalui jalur SNMPTN Undangan
    (sekarang namanya SNMPTN), 
  2. SNMPTN Ujian Tulis (sekarang namanya SBMPTN),
  3. seleksi Mandiri.

Seleksi jalur SNMPT Undangan dan Tulis (SMBPTN) digunakan untuk merekrut calon mahasiswa baru jenjang S1 dan D4. Seleksi jalur Mandiri digunakan untuk merekrut calon mahasiswa baru Jenjang S1, S2, S3, Diploma, Pendidikan Profesi, Program Kerja Sama, Program Peningkatan Kualifikasi Guru (Program PPKHB), Mahasiswa Warga Negara Asing, dan Mahasiswa Pindahan/Transfer.

Penerimaan calon mahasiswa baru jenjang S1, Diploma, dan Pendidikan Profesi, baik melalui jalur SNMPTN Undangan, maupun SNMPTN Ujian Tulis, Mandiri, dan Prestasi hanya dilakukan sekali satu tahun, yaitu pada semester ganjil. Sementara penerimaan jalur Mandiri untuk program S2, S3, PPKHB,  dan  Mahasiswa Asing dilakukan setiap semester, yaitu pada semester ganjil dan genap.

Dalam penerimaan mahasiwa baru setiap tahunnya mengikuti buku panduan penerimaan mahasiswa baru yang menjadi acuan di dalam proses rekrutmen dan seleksi mahasiswa baru. Buku panduan ini memuat: (1) kebijakan umum universitas tentang penerimaan mahasiswa baru; (2) kriteria penerimaan mahasiswa baru; (3) prosedur penerimaan mahasiswa baru; (4) instrumen penerimaan mahasiswa baru; dan (5) sistem pengambilan keputusan atau penetapan hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru.