Rencana Pengembangan

Agar substansi Renstra UNP Tahun 2007-2011 dapat diwujudkan, segenap tujuan dan sasaran yang hendak dicapai perlu dikemas ke dalam program-program kegiatan tertentu. Lebih jauh, program-program kegiatan tersebut diselenggarakan dengan arah kebijakan yang konsisten dan berdaya guna.

Program kegiatan dan arah kebijakan UNP kurun waktu 2007-2011 yang dimaksudkan itu bertolak dari kondisi UNP dewasa ini sebagaimana tergambar pada Bab III dan mengarah kepada pencapaian tujuan dan sasaran sebagaimana tersebut pada Bab II. Seperti telah digunakan sebagai acuan pada uraian-uraian terdahulu, tiga bidang kebijakan pokok pembangunan pendidikan nasional yang tertuang dalam Renstra Pendidikan Nasional 2005-2009 tetap menjadi acuan dalam merumuskan program kegiatan dan arah kebijakan dalam renstra ini. Program kegiatan dan arah kebijakan yang dimaksud adalah sebagai berikut.

A.     Bidang Pemerataan dan Perluasan Akses Pendidikan

1.      Program Kegiatan

Program-program kegiatan untuk mencapai tujuan dan sasaran-sasaran  dalam pengembangan pemerataan dan perluasan akses pendidikan adalah :

a.       Memperkuat program studi yang sudah ada, baik pendidikan akademik, profesi, maupun vokasi, melalui pengembangan kurikulum mengacu pada standard-standard pendidikan dasar dan menengah , kemajuan ilmu dan teknologi, serta kecenderungan globalisasi (untuk Sasaran 1.a).

b.      Membuka program-program studi baru sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat, pengembangan dan pembangunan pendidikan, serta pembangunan nasional pada umumnya (untuk Sasaran 1.a).

c.       Menyelenggarakan program sertifikasi pendidik, baik tataran dalam jabatan (inservice) melalui partisipasi pada program yang diselenggarakan pemerintah, maupun tataran pra-jabatan (preservice) melalui diselenggarakannya pendidikan profesi pendidik untuk menghasilkan pendidik (seperti guru dan konselor) yang tamatannya langsung dibekali dengan sertifikat pendidik (untuk Sasaran 1.b).

d.      Menyelenggarakan program seleksi mahasiswa baru melalui sistem “SPMB/PMDK PLUS” mengacu kepada tuntutan karakteristik dasar  calon tenaga kependidikan/nonkependidikan masing-masing  program studi (untuk Sasaran 1.c)..

e.       Meningkatkan kemampuan prasarana dan sarana untuk kegiatan akademik melalui pembangunan gedung perkuliahan dan fasilitas akademik seperti laboratorium, workshop, bengkel, studio, perpustakaan,  serta sarana pembelajaran dan tempat praktik lapangan (untuk Sasaran 1.c).

f.        Merekrut dosen dan tenaga pendidik (seperti konselor) baru mengacu pada formasi yang tersedia dan kebutuhan masing-masing program studi dan unit pelayanan mahasiswa melalui seleksi yang ketat berkenaan dengan kualfikasi akademik dan kemampuan professional sebagai dosen (untuk Sasaran 1.c).

 

    Arah kebijakan

Arah kebijakan yang ditempuh dalam penyelenggaraan program-program kegiatan tersebut di atas adalah:

a.       Dimantapkannya penyelenggaraan berbagai kegiatan oleh unit-unit tridarma universitas dengan prinsip keterbukaan dan fleksibilitis serta keluasan komunikasi dan informasi antara universitas dan masyarakat, kususnya berkenaan dengan jurusan/program studi yang sudah ada dan yang baru bagi para calon mahasiswa.

b.      Diterapkannya kebijakan yang mencerminkan kepekaan terhadap kebutuhan masyarakat, seperti peningkatan kualifikasi dan sertifikasi guru/pendidik, pembukaan program studi baru, disertai pelayanan kepada masyarakat melalui kerja sama dengan prinsip demokratis-partisipatif dan saling memahami serta saling memberikan manfaat.

c.       Diterapkannya pendekatan multi-entry dan multi-exit bagi mahasiswa yang belajar di UNP diiringi dengan perluasan fasilitas, fleksibilitas dalam pembukaan berbagai program studi dan atau program pendidikan/pelatihan profesional yang dibutuhkan masyarakat, serta pengangkatan dosen/pendidik baru. Prosedur prior learning assessment digunakan dalam mempertimbangkan calon peserta sertifikasi dan mahasiswa dari tamatan perguruan tinggi dan atau mereka yang sudah bekerja yang hendak belajar (kembali) di UNP.

 

B.     Bidang Mutu, Relevansi dan Daya Saing

1.  Program Kegiatan

Program-program kegiatan untuk mencapai tujuan dan sasaran-sasaran dalam pengembangan mutu, relevansi dan daya saing adalah sebagai berikut:

a.       Menyelenggarakan peningkatan mutu masing-masing jurusan/program studi melalui evaluasi diri dan Program EPSBED dengan memanfaatkan kinerja Badan Penjamin Mutu Internal (BPMI) dari tingkat universitas sampai dengan program studi (untuk Sasaran 2.a).

b.      Merintis terselenggaranya program studi unggulan, mengacu kepada kebutuhan pengembangan bidang  kependidikan dan nonkependidikan, serta kualitas interen dan reputasi program studi yang dimaksud (untuk Sasaran 2.b).

c.       Mendorong peningkatan mutu hasil belajar mahasiswa melalui proses pembelajaran baik di dalam kelas, laboratorium/ workshop/studio /bengkel, serta praktik lapangan, maupun penulisan karya ilmiah yang semakin efektif dan efisien dengan menggunakan sarana multi sumber, multi media dan multi strategi oleh dosen-dosen yang memiliki sertifikat pendidik (untuk Sasaran 2.c).

d.      Mendorong kemampuan lulusan untuk segera memperoleh pekerjaan melalui peningkatan relevansi kurikulum, mutu proses pembelajaran, pengembangan kompetensi kewirausahaan, dan jasa bursa tenaga kerja mengacu kepada  kebutuhan dunia kerja (untuk Sasaran 2.c).

e.       Memfasilitasi dosen-dosen untuk meningkatkan kualifikasi akademik mereka, melalui studi program pendidikan pascasarjana, baik di dalam maupun di luar UNP (untuk Sasaran 2.e).

f.        Memfasilitasi dosen-dosen yang bergelar Doktor (S3) untuk percepatan kenaikan pangkat menjadi guru besar melalui fasilitas penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan penulisan artikel pada jurnal terakreditasi (untuk Sasaran 2.e).

g.       Memfasilitasi dosen dan mahasiswa dalam penyelenggaraan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui kemudahan dalam penyusunan proposal, akses terhadap sasaran kegiatan serta sumber pembiayaan, penulisan laporan, serta pemanfaatan hasil kegiatan lebih lanjut, sampai dengan diperolehnya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) (untuk Sasaran 2.f).

h.       Merintis terselenggaranya Sekolah Laboratorium  melalui alih status dan pengembangan sekolah yayasan UNP mengacu kepada standar sekolah unggulan nasional/internasional, sehingga dapat memenuhi fungsi praktik, percontohan, dan pengembangan ilmu, teknologi, seni serta agama (IPTEKSA) bagi mahasiswa UNP dan masyarakat pendidikan pada umumnya (untuk Sasaran 2.g).

i.         Mendorong para dosen, tenaga administrasi dan teknisi, serta mahasiswa untuk menggunakan fasilitas ICT melalui peningkatan perangkat program ICT, kepemilikan perangkat keras serta kemampuan mengakses program ICT (untuk Sasaran 2.h).

j.        Mendorong ditingkatkannya ketersediaan buku teks dan jurnal (dalam judul maupun jumlah eksemplar) melalui penyediaan biaya, baik untuk penerbitan, pembelian, berlangganan, penggandaan buku teks dan jurnal, penyediaan perangkat digital resources, maupun penulisan buku teks asli dan atau terjemahan oleh dosen (untuk Sasaran 2.i)

k.      Meningkatkan jumlah mahasiswa yang mendapat beasiswa dari berbagai sumber seperti pemerintah pusat dan daerah, yayasan, perusahaan  dan bantuan langsung dari UNP (untuk Sasaran 2.j).

l.         Meningkatkan kinerja unit-unit dalam lingkungan UNP untuk memberikan pelayanan akademik, pelayanan konseling dan pelayanan kesehatan, mengacu kepada kebutuhan mahasiswa pada umumnya serta kondisi khusus  mereka (untuk Sasaran 2.j).

 

2.  Arah Kebijakan

Arah kebijakan yang ditempuh dalam penyelenggaraan program-program kegiatan tersebut di atas adalah:

a.       Diterapkannya orientasi par-excellent dan profesional dengan memperhatikan potensi dan kondisi mahasiswa dalam kegiatan seleksi, monitoring, penilaian dan pelayanan kepada mahasiswa dalam rangka pelaksanaan tridarma perguruan tinggi, administrasi/pengelolaan, dan kegiatan penunjangnya.

b.      Dirintisnya penylenggaraan program studi unggulan. Dalam hal ini program studi Ilmu Pendidikan (S3) dan jurusan Bimbingan dan Konseling (S1) beserta program PPK-nya (Sp.1), misalnya, dapat dijadikan pilot project menuju proram-program studi unggulan yang lebih mantap.

c.       Diterapkannya pendekatan pengembangan diri seutuhnya secara berkelanjutan bagi mahasiswa sehingga potensi mereka berkembang secara optimal, sehingga mutu hasil belajar mereka optimal dan masa studi dipersingkat. Pendekatan ini mengaplikasikan secara utuh Ilmu Pendidikan yang di dalamnya meliputi strategi high-touch dan high-tech dalam proses pembelajaran, disertai pelatihan dan praktik lapangan yang terintegrasikan, komprehensif, intensif dan tersupervisi. Pelayanan pengembangan diselenggarakan melalui kegiatan remedial, pengayaan, pelayanan konseling. Sekolah Laboratorium dijadikan tempat percontohan bagi diterapkannya hal-hal yang dimaksudkan itu. Penggunaan ICT dan sumber-sumber belajar secara luas ditingkatkan.

d.      Dimantapkannya komunikasi dan kerja sama dengan penyelenggara pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah serta dunia kerja pada umumnya, dan khususnya dunia usaha dan industri (DUDI) dalam rangka memelihara dan meningkatkan relevansi produk-produk universitas dengan kebutuhan dunia pendidikan, dunia kerja, serta DUDI. Tracer study terhadap para lulusan UNP diselenggarakan dalam rangka pemantapan relevansi yang dimaksud.

e.       Dimantapkannya penyelenggaraan studi banding secara komprehensif, selektif, dan cerdas terhadap berbagai aspek pokok tridarma perguruan tinggi serta produk-produk universitas, melalui berbagai cara, seperti studi kepustakaan, studi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, studi antar kelembagaan pada tingkat lokal, regional, nasional dan internasional. Hal ini semua dapat digunakan untuk memfasilitasi dosen dalam kenaikan kualifikasi  pendidikan dan jabatan fungsional sampai mencapai derajat kualifikasi S3 dan guru besar.

 

    Bidang Tatakelola, Akuntabilitas dan Pencitraan Publik

1.      Program Kegiatan

Program-program kegiatan untuk mencapai tujuan dan sasaran-sasaran dalam pengembangan bidang tatakelola, akuntabilitas dan pencitraan publik adalah sebagai berikut:

a.       Melaksanakan penambahan dan perluasan sarana, prasarana dan fasilitas pendidikan berupa ruang kuliah, laboratorium, workshop,  bengkel, dan perpustakaan, serta untuk unit-unit penunjang tridharma lainnya yang memenuhi standar persyaratan untuk semua fakultas dan jurusan/program studi (untuk Sasaran 3.a).

b.      Melaksanakan penambahan dan perluasan sarana, prasarana dan fasilitas administrasi/ pengelolaan berupa ruang perkantoran , ruang kerja pendidik dan tenaga kependidikan, serta ruangan  unit-unit penunjang kegiatan administrasi/pengelolaan (untuk Sasaran 3.a).

c.       Melengkapi dan menata prasarana, sarana dan fasilitas infra struktur dan lingkungan fisik kampus yang memenuhi tuntutan kehidupan warga kampus yang semakin meningkat baik jumlah maupun kebutuhannya (untuk Sasaran 3.b).

d.      Mengembangkan, memelihara  dan menjaga suasana kehidupan kampus sesuai dengan tuntutan moralitas, keamanan, kenyamanan dan kebersamaan (untuk Sasaran 3.c).

e.       Memberi kesempatan kepada tenaga administrasi/ kependidikan/ penunjang akademik untuk memperoleh peningkatan keterampilan sesuai dengan tupoksi masing-masing melalui pelatihan baik di dalam maupun di luar universitas (untuk Sasaran 3.d).

f.        Memberi kesempatan kepada tenaga adminitrasi/kependidikan /penunjang akademik untuk memperoleh kualifikasi pendidikan yang lebih tinggi (seperti S1 dan atau S2) sesuai dengan proyeksi tupoksi masing-masing melalui izin dan atau tugas belajar baik di dalam maupun di luar universitas (untuk Sasaran 3.d).

g.       Menyelenggarakan promosi bagi tenaga adminitrasi/ kependidikan /penunjang akademik sesuai dengan hak kepangkatan/ jabatannya, serta mutasi sesuai dengan kebutuhan  efisiensi dan efektifitas kinerja pada lembaga/unit yang bersangkutan (untuk Sasaran 3.d).

h.       Memantapkan standar-standar  sistem informasi manajemen dan prosedur operasional (untuk Sasaran 3.e).

i.         Mendorong tenaga administrasi/ pengelolaan untuk mengikuti standar sistem informasi manajemen dan prosedur operasional secara konsisten dan berdaya guna (untuk Sasaran 3.e).

j.        Memantapkan standar-standar kinerja dan kerjasama bagi lembaga/ unit penunjang universitas (untuk Sasaran 3.f).

k.      Mendorong  lembaga/ unit penunjang untuk mengikuti standar kinerja dan kerjasama secara konsisten dan berdaya guna (untuk Sasaran 3.f).

l.         Membangun/mengembangkan aset-aset universitas untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum dengan kompensasi financial tertentu (untuk Sasaran 3.g).

m.     Membangun fasilitas baru dan atau usaha yang dapat menghasilkan pendapatan bagi universitas (untuk Sasaran 3.g).

n.       Mempersiapkan persyaratan pokok dalam ketentuan tentang BHP melalui berbagai kegiatan studi dan pengimplementasian hasil-hasilnya (untuk Sasaran 3.h).

o.      Mendorong kelembagaan tridharma perguruan tinggi (fakultas, program pascasarjana, lembaga, jurusan/program studi) dan unit-unit administrasi/pengelolaan untuk dapat memenuhi/ mengikuti  persyaratan pokok yang sudah dipersiapkan (untuk Sasaran 3.h).

p.      Memantapkan anggaran dasar/rumah tangga organisasi kemahasiswaan berdasarkan azas demokrasi, kebersamaan dan kemanfaatan pada tingkat universitas, fakultas dan jurusan/ program studi (untuk Sasaran 3.i).

q.      Mendorong berlangsungnya pemilihan pimpinan organisasi kemahasiswaan pada tingkat universitas, fakultas dan jurusan/ program studi berdasarkan anggaran dasar / rumah tangga organisasi kemahasiswaan (untuk Sasaran 3.i).

r.        Mendorong tersusun dan telaksananya program-program kegiatan organisasi kemahasiswaan pada tingkat universitas, fakultas dan jurusan/ program studi berdasarkan anggaran dasar / rumah tangga organisasi kemahasiswaan (untuk Sasaran 3.i).

s.       Mendorong terbinanya hubungan yang saling menghargai dan menguntungkan dalam suasana yang harmonis, kerjasama dan kekeluargaan antara organisasi kemahasiswaan dan lembaga pada tingkat universitas, fakultas dan jurusan/ program studi  , mengacu kepada pengembangan diri dan studi mahasiswa secara optimal, serta menjaga nama baik dan martabat kelembagaan (untuk Sasaran 3.i).

2.      Arah Kebijakan

Arah kebijakan yang ditempuh dalam penyelenggaraan program-program kegiatan di atas adalah:

a.        Diselenggarakannya program-program pemeliharaan dan pembangunan fisik yang berorientasi standar untuk memfasilitasi realisasi tridarma perguruan tinggi, administrasi/pengelolaan, dan kehidupan kampus bagi perguruan tinggi modern.

b.        Diselenggarakannya dan dimantapkannya manajemen berbasis kinerja. Dalam hal ini mutu kinerja seluruh personil universitas mendapat perhatian utama, melalui suasana dan hubungan kerja yang demokratis-partisipatif, tranparan-objektif, akuntabel-bertanggung jawab, efektif-efisien, terencana-terprogram, dan evaluatif-berkelanjutan.

c.        Dimantapkannya sarana dan suasana kehidupan kampus yang kondusif, termasuk di dalamnya kegiatan usaha produktif yang memungkinkan seluruh personil universitas, mahasiswa dan warga masyarakat yang berada di dalam kampus berusaha dan bekerja, berkreasi, bersosialisasi, belajar dan mengembangkan diri, serta berorganisasi secara bersemangat dan produktif berdasarkan standar kinerja secara konsisten dan berdaya guna.

d.        Dimantapkannya pelayanan dan penampilan publik oleh unsur-unsur universitas tehadap masyarakat dengan orientasi mutu.

e.        Dimantapkannya persyaratan untuk menjadi perguruan tinggi BHP oleh seluruh unit universitas melalui langkah-langkah yang terarah dan konsisten sesuai dengan peraturan yang berlaku.